Rapor Akhlak

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.” (UU nomor 30 tahun 2003)

Siapa Tuhan Yang Maha Esa yang dimaksud? Mengingat ada banyak agama dan banyak tuhan. Tentu yang dimaksud ialah Alloh Azza wa Jalla. Ini merujuk Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi “atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa”.

Lalu apa definisi beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia? Ilmu seperti apa yang harus dimiliki sehingga manusia Indonesia bisa dikatakan telah berilmu? Jika pertanyaan ini sudah terjawab maka PR selanjutnya adalah membuat rapor yang berisi perkembangan keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, dan keilmuan si peserta didik. Ini masih belum indikator lain seperti sehat, cakap, kreatif, mandiri, dan demokratis lho. And please don’t make me talk about diemoocrazy.

Salam Curhat Berkhasiat 🙂

One Reply to “Rapor Akhlak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *